Biaya Dental Implant adalah Investasi Jangka Panjang

biaya dental implant

Biaya dental implant adalah pertanyaan yang paling banyak dilontarkan oleh pasien ketika mereka ingin melakukan implan gigi. Biaya dental implant sendiri memang lebih mahal jika dibanding pasang gigi palsu lepasan. Hal ini tak lain karena prosesnya pemasangan implan sendiri sangat kompleks. Ditambah lagi, dokter gigi harus menggunakan bahan yang berkualitas tinggi demi menjamin keberhasilan, keamanan, serta usia implan agar bertahan lama.

Selain itu, dental implant memiliki banyak kelebihan dibandingkan gigi palsu lepasan. Dental implant akan membantu meningkatkan kualitas hidup sehari-hari, mulai tampilan hingga rasa nyaman saat mengkonsumsi makanan. Selain itu dental implant juga membantu menjaga kesehatan tulang rahang agar tidak berubah bentuknya.

Dengan segala kelebihannya ini, maka perlu dipertimbangkan bahwa prosedur dental implant ini sebenarnya bukanlah sebuah pengeluaran yang sia-sia, melainkan sebuah investasi jangka panjang untuk kesehatan.

Apalagi implan gigi ini punya daya tahan hingga puluhan tahun atau bahkan seumur hidup. Jadi, biaya yang akan dikeluarkan akan sangat sepadan dengan manfaat yang bisa Anda nikmati setelah pemasangan implan gigi.

Faktor Penentu Biaya Dental Implant

Biaya implan gigi sebenarnya cukup variatif. Ada yang mulai Rp 15 jutaan, ada juga yang mencapai Rp 29 jutaan. Harga tersebut tergantung dari di mana Anda memasang implan, prosedur dan materia yang digunakan, serta seberapa expert dokter yang menangani dental implant. Selain itu, jumlah gigi yang akan dipasang, tingkat kesulitan, juga bisa memengaruhi harga. Untuk lebih jelasnya, berikut detailnya.

Jenis Material

Implan gigi bisa menggunakan beberapa jenis material. Yang paling umum yaitu titanium, zirconia, dan keramik. Tiap material ini punya kelebihan dan kekurangan, yang membuat harganya berbeda.

Material titanium sendiri merupakan yang terbaik karena mampu menyatu dengan baik dengan tulang rahang dan memastikan stabilitas serta fungsionalitasnya. Kalau dari segi biaya, titanium cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa alternatif bahan implan lainnya

Untuk zirconia, meski lebih mahal, saat ini sedang banyak diminati karena lebih unggul secara estetik. Zircona punya tampilan yang sangat natural dan menyerupai gigi asli serta daya tahan yang baik. Sementara bahan keramik ini cenderung ringan dan sangat minim resiko alergi. Material keramik juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan zirconia.

Tingkat Kesulitan

Saat konsultasi sebelum pemasangan implan, Anda akan dijelaskan bahwa ada dua jenis implan gigi, yaitu endosteal dan subperiosteal. Perbedaan dari keduanya yaitu pada cara implan melekat di tulang rahang.

Implan Endosteal ini paling sering digunakan. Bentuknya seperti sekrup kecil, silinder, atau bilah, dan dipasang di dalam tulang rahang. Implan endosteal bisa menopang satu atau lebih gigi palsu.

Sementara implan subperiosteal dipasang di atas tulang rahang. Bentuknya seperti tiang logam yang terpasang di bawah gusi atau ditempelkan di dalam gusi. Implan ini cocok bagi yang yang tidak bisa memakai gigi palsu biasa atau tidak tulang rahangnya tidak cukup kuat. Untuk prosesnya, implan subperiosteal ini lebih rumit dibanding implan endosteal.

Jumlah Implan

Selain kedua faktor tadi, pertimbangan lain yang menentukan harga implan adalah jumlah implan gigi yang dipasang. Pasalnya, implan gigi ini dihitung pergigi. Jadi, semakin banyak jumlah implan yang dipasang, maka biayanya akan semakin besar pula.

Meski demikian, jika dihitung biaya pergigi antara pasang satu implan atau lebih, maka akan jauh lebih murah jika Anda memasang beberapa implan sekaligus. Karena Anda bisa melakukan penghematan dari segi biaya tindakan dan pemeriksaan seperti rontgen, 3D ST Scan, ataupun yang lainnya.

Untuk konsultasi WA dengan dokter ahli implan gigi klik di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top