Pemutih Gigi Instan, Waspadai Bahayanya

pemuith gigi instanDemi mendapatkan senyum cantik dan estetik dengan gigi putih berkilau, banyak yang mengambil jalan pintas menggunakan pemutih gigi instan. Dengan harga yang murah dan mudah dibeli secara online, tak heran pemutih gigi ini laku keras di masyarakat. Namun apakah kalian sadar ada risiko kesehatan serius yang mengancam para pemakainya?

Jika kalian mengetik kata kunci pemutih gigi instan di marketplace, akan langsung muncul berbagai merek dan ratusan seller yang menjual produk ini. Setelah digunakan, hasilnya mungkin bisa terbukti, gigi bisa jadi putih setelah beberapa kali pemakaian.

Namun, yang tidak disadari adalah umumnya produk ini memakai bahan kimia dalam skala ilegal. Jika dosisnya berlebihan, bahan kimia ini justru akan merapuhkan gigi karena yang hanya fokus bekerja pada email gigi.

Email sendiri merupakan lapisan terluar dari gigi. Saat lapisan ini terekspos karena penggunaan bahan kimia berlebih, gigi jadi rentan patah. Apalagi saat saat terkena panas, gigi jadi mudah retak dan patah.

Selain itu pemutih gigi instan juga bisa menyebabkan remineralisasi yang mengakibatkan jumlah fosfat, kalsium, dan flouride pada gigi menurun. Yang pada akhirnya kekerasan enamel menurun dan membuat gigi jadi rentan karies yaitu pembusukan atau perusakan gigi.

Jika diperhatikan, produk pemutih yang beredar umumnya mengandung bahan kimia seperti magnolia, asarum, angelica, hydrogen peroxide, gleditsia, hingga thyme chuan duo. Bahan-bahan ini sendiri merupakan substansi yang juga ada pada pasta gigi.

Bedanya, skala komposisi pada pasta gigi telah diuji secara klinis agar tetap aman untuk pemakaian jangka panjang. Sementara pada pemutih gigi instan justru sebaliknya. Yang penting bisa membuat gigi jadi putih, urusan resiko kesehatan itu belakangan.

Pilih Perawatan yang Aman di Dokter Gigi

Jadi, daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli produk pemutih gigi instan, bukankah lebih baik rajin menggosok gigi setelah makan dan rutin periksa gigi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi?

Namun jika ingin menempuh jalan pintas memiliki gigi yang putih bersih dan estetik, Anda bisa ke dokter gigi dan request untuk beberapa alternatif perawatan estetik seperti veneer ataupun bleaching.

Untuk konsultasi pemutihan gigi, klik di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top